INFORMASI :

Pemerintah Desa Sidomulyo Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah Kode Pos 54382

KERAJINAN ANYAMAN BAMBU JADI PENGHASIL CUAN YANG MENJANJIKAN

KERAJINAN ANYAMAN BAMBU JADI PENGHASIL CUAN YANG MENJANJIKAN

 

   Anyaman bambu mampu menjadi kerajinan berdaya saing bagi warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. Produk kerajinan bambu yang mayoritas dibuat yaitu Topi Caping. Topi  Caping   merupakan  salah satu industri kerajinan anyaman yang bahannya berasal dari pohon bambu. Tumbuhan bambu yang banyak, memiliki potensi berkembangnya industri kerajinan anyaman bambu, baik untuk caping, dinding rumah, tampah, maupun tempat sesaji. Caping atau topi petani menjadi salah satu kerajinan yang  sudah ada sejak lama di Desa Sidomulyo, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen. Banyak warga yang melakukannya secara turun temurun dan tak jarang mereka masih menganyam caping walaupun di usia yang sudah tua.

   Caping  berbentuk  kerucut  yang  terbuat dari bambu  masih banyak digunakan pada zaman modern saat ini bahkan sudah merambah pasaran luar Jawa. Topi caping sulit digantikan karena dari segi pemakaian lebih nyaman dan lebih kuat menahan panasnya terik matahari.  

     Pemandangan warga yang sedang menganyam untuk membuat caping terlihat mulai dari anak muda bahkan warga yang berusia senja. Hampir setiap hari dapat dijumpai di wilayah Desa Sidomulyo sedang memproduksi kerajinan anyaman. Kerajinan Caping sebenarnya termasuk salah satu pekerjaan rumah tangga / sampingan yang sudah dikerjakan oleh sebagian masyarakat Desa Sidomulyo secara turun temurun.Bahkan untuk beberapa warga dijadikan sebagai mata pencaharian utama.

Proses Pembuatan Caping adalah sebagai berikut:

• Bambu yang digunakan  yaitu jenis Bambu tali yang dibersihkan dari kulitnya lalu dipotong sesuai ukuran, dibelah, diirat (oroti) dan di jemur.

• Bambu yang sudah di irat lalu di suwir-suwir memakai pisau setelah itu baru bisa dianyam.

• Anyaman dibentuk menjadi kerucut dengan sisi bagian atas yang lancip dengan hasil akhir bagian pinggir dilapisi plastik plipid / menggunakan senar.

• Satu ruas bambu rata-rata menghasilkan 3 – 4 biji Caping 

    Harga Caping  sekitar Rp 6.000,- per biji atau Rp 120.000,- per kodi untuk ukuran sedang. Biasanya pengrajin menjual Caping secara perorangan langsung ke pasar-pasar / pertokoan dan ada juga yang dijual ke pengepul. Kebanyakan warga Desa Sidomulyo menjual ke UD DANI MUSYAFA yang beralamat di Sidomulyo Rt 01 Rw 02. Biasanya pengepul menjual Caping ke luar kota, Provinsi bahkan sampai ke luar Pulau, Seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan
Peringati Hardiknas, Bupati Kebumen Upayakan Para Guru Honorer Diangkat PPPK
Peringati Hari Buruh, Bupati Kebumen Sebut Angka Penganguran Turun
Berkomitmen Majukan Pendidikan, Bupati Kebumen Raih Penghargaan Detik Jateng-Jogja Awards
Puluhan Ribu Warga Padati Alun-alun Pancasila, Nobar Timnas U-23 vs Uzbekistan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2