INFORMASI :

Pemerintah Desa Sidomulyo Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah Kode Pos 54382

PROGRAM INTEGRASI LAYANAN PRIMER DESA SIDOMULYO

PROGRAM INTEGRASI LAYANAN PRIMER DESA SIDOMULYO

       ILP(integrasi layanan primer) dan senam lansia diadakan sebagai bagian dari program posyandu diadakan di posyandu SRI DADI  Dukuh Rendeng Desa Sidomulyo pada kamis,6 juni 2024 yang bertempat dirumah Bapak Kepala Dusun Rendeng.

      Program ILP ini adalah bagian dari program posyandu,ILP merupakan layanan kesehatan yang bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan di wilayah masyarakat Desa/Kelurahan.sasaran program ILP ini adalah ibu hamil,ibu menyusui,balita,remaja,dewasa dan lansia.

      Kegiatan ini dimulai pukul 07:30 WIB-selesai dan sudah ada Ibu Bidan Eko beserta para kader yang akan melakukan pemeriksaan dimulai dari meja 1 yaitu pendaftaran yang meliputi pengambilan nomor antrian,pengisian daftar hadir lalu pengisian data peserta seperti nama lengkap, nik,alamat,riwayat penyakit keluarga dll.

        Setelah itu dilanjutkan ke meja ke 2 yaitu pemeriksaan tekanan darah,berat badan,lingkar perut,tinggi badan dan lingkar lengan. Lalu dimeja 3 akan dicatat hasil dari pemeriksaan dimeja 2 pada lembar data peserta dan dihitung Indeks massa tubuh(IMT) dan dilanjutkan pemeriksaan kesehatan jiwa dan tubuh seperti keluhan yang dirasakan setiap harinya apakah mudah lelah, kurang bahagia dan apakah fungsi tubuh masih berfungsi dengn baik seperti apakah tangan sering gemetar,gangguan penglihatan dll.

       Setelah itu pada meja 4 hasilnya akan dilihat kesimpulan kesehatannya dan diberikan informasi dan konsultasi ataupun rujukan apabila diperlukan.

       Setelah pemeriksaan selesai dilanjutkan kegiatan senam lansia lalu pembagian minum dan snack dilanjutkan pengisian sambutan oleh Bapak Kepala PUSKESMAS Petanahan yaitu Bapak Sunarko yang menyampaikan tentang informasi penyakit tidak menular seperti gula darah, hipertens,obesitas dll serta apabila sudah terkena penyakit tidak menular segera berobat ke PUSTU Sidomulyo agar tidak menjadi lebih memburuk serta tetap menjaga pola hidup sehat.

       Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wadah masyarakat agar bisa melakukan pengecekan kesehatan sebagai upaya pencegahan dini penyakit tidak menular dan bersama-sama pemerintah mewujudkan masyarakat yang sehat.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter